11 Sayur Sehat Ibu Hamil Terbaik untuk Dimakan Selama Kehamilan

sayur sehat ibu hamil

Salah satu hal pertama yang mulai ditonton oleh seorang ibu, begitu dia melihat dua garis pada tes kehamilan, adalah dietnya. Pencarian nutrisi yang dibutuhkan mengarah ke pertanyaan seperti: apakah sayuran baik untuk kehamilan? Dan jawabannya adalah ‘Ya’! Sayur sehat ibu hamil.

Penting Sayur Sehat Ibu Hamil Selama kehamilan

Selama kehamilan, penting untuk mempertahankan pola makan yang sehat. Untuk ini, Anda harus memilih jenis makanan yang tepat, dan memakannya dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat. Apa pun yang tidak sehat dapat menyebabkan bahaya dan menyebabkan komplikasi bagi ibu dan pertumbuhan bayi. Diet sehat yang kaya sayuran dapat membantu menghindari komplikasi seperti diabetes gestasional dan defisiensi nutrisi, karena mengandung vitamin seperti Beta Carotene, Vitamin C dan asam folat, selain serat yang sangat dibutuhkan. Makan sayuran juga membantu bayi mengembangkan berat badan lahir yang sehat, dan mengurangi risiko anemia, mengontrol tekanan darah, dan mengarah pada peningkatan berat badan yang sehat bagi ibu.

Pemantauan kebiasaan makanan selama kehamilan sangat penting karena itu juga akan membantu menurunkan berat badan yang Anda peroleh selama kehamilan.

11 Sayur Sehat Ibu Hamil untuk Dimakan Selama Kehamilan

Ada banyak sayuran yang memastikan bahwa tubuh Anda terus menerima pasokan gizi abadi. Daftar sayuran yang akan diambil selama kehamilan meliputi:

    • Ubi Jalar – Ini adalah sumber vitamin A, B, C.
    • Asparagus – Mereka mengandung banyak vitamin A, B, E, K.
    • Beetroots – Beetroots kaya akan vitamin dan serat. Mereka juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
    • Paprika – Mereka kaya akan vitamin dan serat makanan.
    • Brokoli – Tinggi vitamin C, K, dan folat. Mereka juga terbukti bermanfaat untuk mengurangi konstipasi.
    • Escarole – Mereka kaya akan vitamin A dan C.
    • Kacang hijau – Mereka kaya vitamin C, K, dan serat.
    • Sayuran hijau gelap – Tinggi serat, karotenoid, dan folat.
    • Peterseli – Mereka tinggi protein, vitamin E, dan riboflavin.
    • Summer squash – Kaya vitamin, protein, dan thiamin.
  • Tomat – Kaya vitamin C, K dan biotin.

Berapa Banyak Sayuran Yang Harus Dimakan Seorang Wanita Hamil?

Sangat mungkin bahwa wanita hamil bisa merasa lapar lebih dari biasanya, karena ia memasok nutrisi ke janin yang tumbuh cepat. Disarankan agar Anda tetap makan dalam porsi kecil agar tidak merasa lapar. Makan porsi kecil sering juga membantu meringankan masalah pencernaan yang merupakan gejala umum kehamilan. Hindari konsumsi sayuran kalengan; pilih hanya untuk mereka yang sedang musim.

Disarankan bahwa Anda harus memiliki 2,5 hingga 3 cangkir (sekitar 500 gram) sayuran dalam sehari. Mereka dapat dikonsumsi mentah atau direbus. Sayuran kaya sumber energi, vitamin, mineral, dan serat. Satu dapat mengambil suplemen untuk vitamin tetapi sayuran tidak dapat diganti dengan pil saja, karena kebutuhan serat tidak dapat dipenuhi oleh suplemen vitamin. Selain makan sehat, penting juga untuk berolahraga dan tidur nyenyak.

Tips Sederhana untuk Menambahkan Sayuran ke Diet Anda

Berikut adalah beberapa metode di mana Anda dapat memasukkan sayuran ke dalam diet Anda untuk membuatnya menarik dan enak:

    1. Campurkan dan masak sayuran yang Anda sukai bersama yang tidak Anda sukai dan tuangkan saus atau keju pilihan Anda.
    1. Perlu diingat bahwa keju lunak, keju berleher biru, dan keju yang dimatangkan cetakan mungkin mengandung listeria, bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi yang belum lahir.
    1. Jika Anda suka makanan pedas, kari sayuran adalah pilihan terbaik Anda. Tingkat bumbu dalam makanan Anda tergantung pada preferensi Anda karena bumbu tidak membahayakan bayi; tetapi jika Anda mengalami sakit maag, disarankan untuk menjaga tingkat bumbu tetap rendah. Tomat atau pasta bayam juga merupakan pilihan yang baik.
    1. Anda bisa mencoba membuat kacang panggang dengan saus.
    1. Sayuran bisa dipanggang dan dikonsumsi dengan pilihan saus atau celup.
    1. Sup sayuran buatan sendiri juga merupakan pilihan untuk memiliki lebih banyak sayuran.
  1. Jika mengunyah sayuran membuat Anda mual, cobalah membuat sup dengan daun bawang, seledri, dan minyak zaitun.

Ada banyak pilihan sayuran yang tidak biasa, seperti ubi jalar dan bok choy. Beri mereka tembakan – siapa tahu; Anda mungkin hanya akan menyukai mereka. Pastikan Anda mendiskusikan dengan dokter anak Anda sebelum mulai mengonsumsi makanan baru selama kehamilan.

Cobalah sayuran mentah / mentah jika Anda tidak suka sayuran yang dimasak

Parutan wortel, coleslaw (dengan parutan kubis dan wortel) atau sayuran mentah dengan dips adalah cara yang bagus untuk menambahkan sayuran ke dalam diet Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci dapat terkontaminasi oleh Toxoplasma, parasit berbahaya bagi ibu dan bayinya. Pastikan buah dan sayuran dicuci bersih, dan sebaiknya dikupas sebelum dikonsumsi.

Anda harus ingat bahwa selama waktu ini, selera Anda akan berubah. Oleh karena itu, mencoba sayuran baru akan meningkatkan kisaran makanan dalam diet harian Anda.

Untuk meningkatkan rasa, panggang atau panggang sayuran Anda dan bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah seperti basil, thyme, ketumbar dan oregano.

masak sayur

Anda harus menjaga makanan siap saji sehingga dapat dengan cepat diraih untuk dikonsumsi. Buatlah sejumlah sayuran ekstra yang dapat Anda bawa ke makan siang keesokan harinya.

Terlepas dari sayuran di atas, perawatan harus diambil saat menggabungkan makanan yang berbeda ke dalam diet Anda. Meskipun ada beberapa yang harus dihindari, makanan berikut dapat bermanfaat selama kehamilan Anda:

Produk-produk susu, seperti yoghurt

adalah pilihan yang bagus untuk memiliki selama kehamilan. Mereka membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium. Probiotik membantu mengurangi komplikasi seperti vaginosis bakteri dan gangguan pencernaan.

Kacang-kacangan kaya akan folat, serat dan banyak nutrisi lainnya.

Folat adalah nutrisi penting untuk kehamilan, karena membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Salmon mengandung asam lemak DHA dan EPA.

Mereka penting untuk perkembangan mata dan otak pada bayi yang sedang tumbuh. Ini juga merupakan sumber alami vitamin D.

Telur

Telur bergizi dan dapat meningkatkan konsumsi nutrisi secara keseluruhan. Mereka mengandung kolin, yang penting untuk perkembangan kesehatan otak.

Daging tanpa lemak sangat kaya protein.

Daging sapi yang juga kaya zat besi, kolin, dan B-vitamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Ikan atau minyak ikan cod

Dapat memberikan kebutuhan substansial asam lemak omega-3, vitamin A, dan vitamin D. Ini mungkin berguna bagi wanita yang tidak mengkonsumsi makanan laut.

Buah beri

Kaya akan air, vitamin C, serat, antioksidan karbohidrat, vitamin, serta senyawa tanaman. Mereka dapat membantu Anda meningkatkan asupan air dan nutrisi.

Gandum

Makanan seperti gandum utuh dikemas kaya vitamin, serat dan senyawa tumbuhan.

Alpukat

Mengandung sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal, serat, folat, dan kalium.

Sementara memiliki makanan yang padat nutrisi sangat penting, konsumsi air juga sama pentingnya. Makanan yang Anda konsumsi selama kehamilan memengaruhi energi dan kesejahteraan Anda, serta kesehatan bayi. Jadi, penting bahwa jenis makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang tinggi. Kaya vitamin, mineral dan serat, sayuran merupakan tambahan penting untuk diet kehamilan. Selain itu, mereka memastikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *