6 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengatasi Kulit Kering

cara mengatasi kulit kering dengan cepat-min

Memiliki masalah kulit kering, gatal bahkan busikan bikin kepercayaan diri kita menurun. Oh ya membersihkan kulit dan udara di sekitar kamu dapat mempengaruhi kulit kamu jadi kering atau gatal. Bahkan pakaian yang kamu kenakan pun punya andil dalam permasalahan kulit kering kamu. Yuk mari kita temukan cara cepat untuk mengatasi kulit kuring di bawah ini.

6 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengatasi Kulit Kering

Mandi Air Hangat Tapi Tidak Panas

Menurut Dr. Kulit Andrea Lynn Cambio, MD mandi beruap terasa baik, akan tetapi mandi dengan air panas bukan ide bagus untuk kulit kering kamu. Mandi dengan air panas dapat mengupas tubuh kamu dari penghalang minyak alami. Penghalang minyak alami ini dibutuhkan untuk membantu dalam menjaga kelembapan kulit aar tetap lembab dan halus. Mandi air hangat dalam jangka waktu pendek sekitar 5 menit sampai 10 menit di rekomandisikan oleh para pakar perawatan kulit. Selain hal itu, coba tepuk-tepuklah secara lembut tubuh kamu dan lembabkan.

Bersihkan Tubuh Kamu dengan Lembut

Saat kamu sedang mandi cucilah tubuh secara merata agar bersih tanpa sabun.  Sabun yang bagus adalah sabun yang terbebas dari aroma atau wangi ucap Dr. Kulit Andrea Lynn Cambio, MD. Ingat gunakanlah sabun yang terbebas dari deodoran atau antibakteri. Sabun yang mengandung deodorant atau antibakteri bersifat keras pada kulit. Hal ini kurang bagus utuk kesehatan kulit tubuh kamu.

Dr Kulit Carolyn Jacob, MD  menjelaskan bahwa  pertimbangkanlah pembersih yang mengandung ceramides. Ceramide yaitu molekul lemak yang dapat membentuk penghalang luar kulit. Ceramide membantu menahan kelembapan. Pada produk perawatan kulit ada beberapa yang menggunakan ceramide sintetis yang dapat menggantikan untuk melembabkan kulit.

Bercukurlah dengan Hati-Hati

Mencukur dapat mengiritasi kulit kering kita jika kita tidak berhati hati. Ketika kamu mencukur rambut di sekitar tubuh, saat itu pula kamu membersihkan minyak alami. Waktu yang cocok dan tentunya terbaik saat mencukur yaitu saat setelah mandi. “Setelah mandi rambut terasa lebih lentur dan lembut hal ini akan memudahkan kita dalam mencukur” dikutip dari American Academy of Dermatology.

Jangan lupa agar selalu menggunakan gel atau krim cukur. Cukur secara hati hati dan untuk melindungi kulit, cukurlah ke arah rambut yang sedang bertumbuh. Pastikan juga pisau untuk mencukur itu tajam. Apabila pisau yang digunakan itu tumpul, pisau cukur dapat menambah iritasi pada kulit. Seringlah untuk mengganti pisau cukur dengan yang baru. Selain itu, jika pisau cukur pernah digunakan rendamlah terlebih dahulu dengan alkohol supaya bersih.

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Salah satu penyebab utama kulit kering, kekasaran dan keriput yaitu terpapar sinar matahari.  Untuk mencegah dari paparan sinar matahari kamu cukup menggunakan tabir surya SPF30. Selain itu, berpakaianlah dengan nyaman dan benar.  Cambio mengatakan “ saat cuaca sejuk, menggunakan pakaian yang berlapis-lapis serta berkeringat tapi tidak terlalu panas itu dapat mengiritasi kulit”.

Gunakan juga lip balm untuk mengatasi bibir kering pecah-pecah dan kering di musim dingin. Usahakan lip balm yang digunakan memiliki tabir surya SPF 15. Kegunakaan SPF 15 pada lip balm yaitu untuk melembabkan dan mengatasi bibir kering. Terakhir tutuplah bibir dengan masker jika perlu pakailah topi atau syal.

Pada musim panas sebaiknya gunakanlah pakaian lengan panjang saat matahari, kaos ringan dan longgar serta bertopi lebar. Hal ini untuk mencegah dari paparan sinar matahari supaya kulit leher, mata dan tenga terlindungi dengan benar.

Ikuti Aturan Pelembab

Dr. Kulit Sonia Badreshia-Bansal,MD menyampaikan pelembab sederhana dapat menenangkan kulit. Salah satunya yaitu petrooluem jelly yang membuat pelembab hebat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim favorit, minyak mineral atau lotion untuk merawat kulit tubuh.

Ketika kamu suka dengan pelembap yang super kaya, carilah dengan ceramide, shea butter, gliserin dan asam stearat  sebut Leslie Bauman, MD Direktur Cosmetic Medicine dan Research Institutes universitas miami. Sedangkan Baumann dalam sebuah artikel lainya mengatakan “ semua pelembap kaya dapat membantu kamu untuk mengisis kembali penghalang kulit”. Ia pun mengatakan sangat menyukai gliserin.

 

 

Menurt Jacobs produk apa saja yang kamu pilih sebaiknya lakukan perawatan secara rutin.  Selain itu lakukanlah perawatan pelembapan secara konsisten dan cerdas karena hal tersebut sangat membantu. Berikut aturan pemakaian pelembab yang dapat kamu terapkan pada kulit:

  • Cuci secara bersih cairan non-sabun, akan lebih baik dengan ceramide untuk mengisi lapisan kulit luar.
  • Tepuk-tepuk kulit kering kurang lebih selama 20 detik.
  • Agar kulit menjadi lembap dan pelembap terserap pada kulit. Setelah mandi oleskan pelembap secara tebal dan rata ke kulit selama beberapa menit.
  • Setiap kali kamu mencuci tangan lembabkanlah tangan kamu. Supaya air yang menguap tidak menarik lebih banyak uap air dari kulit kering kamu.
  • Supaya mendapatkan manfaat tambahan dari paparan matahari gunakanlah krim dengan sunscreen SPF 30. Kamu bisa mencari pelembap tabir surya seperti krim, salep, gel atau semprotan. AAD menyarankan agar krim sebagai solusi pilihan terbaik untuk membantu memerangi kulit kering.

Udara di Musim Dingin

Penyebab umum kulit kering yaitu udara yang  dingin sehingga kulit mudah iritasi. Saat musim dingin kamu memasang pemanas di ruangan agar ruangan hangat. Tetapi, hal ini menyebabkan uap air di udara membuat kulit kamu bertambah kering.  Supaya kulit kamu tidak kering pada musim dingin gunakan humidifier di kamar tidur ucap Cambio.  Kamu juga bisa mengecek kelembapan dengan sangat mudah menggunakan meteran kelembapan. Meteran kelembapan disebut hygrometer, bidik kelembapan ruangan sekitar 50%.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan

Like dan Share artikel ini. Terima kasih^^

3 Responses to 6 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengatasi Kulit Kering

  1. lusiana says:

    makasih infonya sangat membantu.
    sis. kalo kulit alergi sebaiknya gmna ya..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *