Tanyakan Kepada Dokter Spesialis Anak: Apa Jenis Susu Formula Untuk Bayi?

jenis susu formula untuk bayi

Kami akan membantu Anda dalam memilih jenis susu formula untuk bayi. Temui Dina DiMaggio, MD, dan Anthony F.Porto MD, MPH, juru bicara resmi untuk American Academy of Pediatrics danco-penulis Panduan Pediatrician untuk Memberi Makan Bayi dan Balita. Setiap bulan, mereka akan menulis tentang pedoman AAP terbaru, studi dan masalah musiman yang memengaruhi bayi dan balita. Ikuti mereka di Instagram@pediatriciansguide.

Seperti yang mungkin Anda sadari,American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Tetapi untuk orang tua yang membutuhkan atau ingin memberikan susu formula kepada bayi mereka, hampir tidak ada rekomendasi yang jujur. Sementara sebagian besar formula bayi komersial telah dikembangkan berdasarkan penelitian yang luas dan bertujuan untuk mereplikasi nutrisi ASI sedekat mungkin, ada begitu banyak di pasaran sehingga memilih susu yang tepat mungkin tampak luar biasa.

Berikut 10 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Memilih Susu Formula:

Tidak Ada Satu Jenis Susu Formula untuk Bayi Terbaik

Bayi yang berbeda mungkin lebih baik dengan formula yang berbeda. Untuk bayi jangka penuh yang sehat, kami biasanya mulai dengan formula berbasis susu sapi, seperti Enfamil Complete,Similac Advance atau yang setara dengan merek toko. Ada juga versi organik dariformula ini yang tersedia, seperti Earth’s Best Organic. Untuk vegetarian atauvegan, formula berbasis kedelai dapat digunakan sebagai gantinya.

Formula untuk Anak-Anak dengan Asam  Reflux atau Warna yang Tersedia, Sering Kali Tidak Perlu.

Meskipun sebagian besar anak-anak akan berhasil dengan baik pada formula protein susu sapi tradisional, ada banyak formula di pasaran yang memiliki komponen yang berbeda atau ditambahkan.

Formula anti-refluks dipasarkan untuk membantu merawat anak-anak dengan gumoh. Meskipun refluks gastroesofagus hampir universal pada bayi, sebagian besar anak yang muntah tetapi tumbuh dengan baik tidak memerlukan pengobatan atau perubahan formula. Dari merek susu formula utama, saat ini ada dua produk berbeda di pasaran, Enfamil AR dan Similac untuk Spit-up, di mana beras telah ditambahkan ke dalam formula untuk membantu mengurangi gumoh.

Formula Sensitif

Biasanya formula ini bebas laktosa, atau mengandung laktosa terbatas, dan memiliki rasio whey to casein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ASI. Mereka juga mungkin mengandung protein whey terurai sebagian (Gerber Good Start), yang dianggap lebih mudah dicerna dan dapat mengurangi produksi gas. Beberapa formula ini mungkin juga mengandung prebiotik (mayoritas formula Similac), sementara yang lain mengandung probiotik (Gerber Good Start Gentle for Supplementing dan GerberGood Start Soothe), yang dapat mengurangi gas dan gejala kolik.

Semua aditif untuk formula bayi diatur oleh FDA, yang membutuhkan bukti keamanan dan kemanjuran untuk setiap aditif. Namun, manfaat mengubah formula bervariasi dari anak ke anak. Kita sering melihat orang tua mengubah susu formula selama puncak kolik, sekitar 6 hingga 8 minggu, ketika bayi mungkin terlihat gassier atau lebih rewel, tetapifase kolik ini umumnya cenderung sembuh sendiri sekitar 3 hingga 4 bulan, terlepas dari perubahan formula.

Kalori di Formulasikan Khusus Menyerupai Payudara

Ketika dicampur, kebanyakan formula mengandung sekitar dua puluh kalori per ons. Namun, karena diperkirakanbahwa ASI mengandung antara delapan belas hingga dua puluh kalori per ons,beberapa formula (seperti Similac Advance) telah mengubah konsentrasi sehingga mengandung sembilan belas kalori per ons ketika dicampur. Satu kalori bukanlahperbedaan besar, tetapi bisa menjadi penting jika anak Anda tidak menambah berat badan dengan tepat.

Persiapan Formula Tergantung Baik Saat Anda Menggunakan Powder, Konsentrat atau Siap Pakai

Formula tersedia dalam tiga bentuk berbeda: bubuk, konsentrat, dan siap saji. Dalam kebanyakan kasus, saat menggunakan formula bubuk, Anda menempatkan dua ons air dalam botol, lalu tambahkan satu sendok formula bubuk formula ke dalam botol dan kocok denganbaik. Penting untuk membaca label karena beberapa formula, termasuk beberapa formula berbasis asam amino, seperti Neocate dan PurAmino, perlu dicampur pada rasio yang berbeda, dengan satu ons air untuk setiap satu sendok formula.

Formula Konsentrat

Harus dicampur dengan perbandingan satu-satu dengan air. Sebagian besar wadah datang dalam 13ons. botol, jadi jika Anda mencampur 13 ons. air dengan seluruh isi, Anda akanmemiliki 26 ons. formula. Formula ini dapat didinginkan hingga 48 jam. Atau,jika Anda lebih suka membuat satu botol sekaligus dan ingin membuat 4 ons.botol, Anda dapat menambahkan 2 ons. dari konsentrat hingga 2 ons. air dan adukhingga rata. Formula tidak boleh diencerkan dengan air tambahan dan siapdigunakan!

Berapa Lama, Formula Terakhir?

Botol formula yang disiapkan dapat disimpan pada suhu kamar selama tidak lebih dari satu jam. Jika formula telah dihangatkan, simpan juga tidak lebih dari satu jam, dan jangan memanaskannya kembali, karena ini meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri berbahaya. Dengancara yang sama, jika bayi menyusu dari botol, tetapi ada beberapa susu yangtersisa di dalam botol, sisa susu harus dibuang setelah satu jam dan tidakdiberikan lagi kepada bayi, karena minum dari botol sebenarnya dapat menyebabkan bakteri ke dalam susu.

Setelah dibuka, formula siap pakai atau formula konsentrat yang tidak digunakan harus didinginkan dan digunakan dalam waktu 48 jam. Jika Anda menyiapkan formula dari bubuk, formula yang tidak digunakan, setelah dicampur, harus didinginkan dan digunakan dalam waktu 24 jam. Setelah wadah formula bubuk dibuka, itu harus dibuang setelah 30hari.

Formulasi Khusus Tersedia Jika Bayi Anda Memiliki Susu Protein Susu Sapi

Protein yang dihidrolisis secara ekstensif dan formula berbasis asam amino dikenal sebagai formula “yang telah dicerna” karena komponen protein sudah dipecah. Formula protein terhidrolisis luas mengandung protein peptida kecil, dan dalam formula berbasis asam amino, protein dipecah menjadi blok pembangun protein terkecil, yang dikenal sebagai asam amino. Kedua formula ini adalah opsi untuk bayi yang memiliki alergi protein susu sapi. Mereka cenderung tidak terasa sebagus formula berbasis susu sapi lengkap, tetapi untungnya pengecap rasa tidak sepenuhnya berkembang selama masa bayi. Bayi secara bertahap akan menyesuaikan diri dengan formula baru. Formula-formula ini, terutama yang berbasis asamamino, biasanya lebih mahal, tetapi dapat ditanggung oleh rencana asuransi Anda dengan resep dari dokter Anda.

Formula Khusus Dapat di Butuhkan Jika Anak Anda Prematur

Bayi prematur mungkin memerlukan tambahan kalori, sehingga formula khusus bayi prematur sering diperlukan. Anak-anak yang lahir prematur mungkin juga membutuhkan nutrisi yang berbeda dari anak-anak yang dilahirkan secara penuh. Mereka membutuhkan jumlah kalsium,fosfor, protein, natrium, kalium, dan mineral lain yang lebih tinggi termasukzat besi, seng, dan

Anda Tidak Harus Memberikan Anak Seluruhnya Susu Sapi Sebelum Umur, Bahkan Jika Mereka Mengambil Formula Berbasis Susu Sapi

Anak Anda tidak dapat sepenuhnya mencerna susu sapi, dan protein dalam susu sapi juga dapat mengiritasi saluran pencernaan. Susu sapi tidak mengandung zat besi, asam linoleat, vitamin C dan E, dan nutrisi lainnya dalam jumlah yang memadai, dan mengandung banyak natrium, kalium, dan protein. Namun, susu formula berbasis sapi diperkaya dengan mineral dan vitamin serta protein dan lemak yang meniru ASI dan memungkinkan anak Anda tumbuh secara memadai. Hal yang sama berlaku untuk susu alternatif termasuk susu kedelai. Susu sapi dan susu alternatif dapat dimulai setelah anak Anda berusia satu tahun.

Di Sini Adalah Ringksan Bantuan dari Semua Jenis Susu Formula untukBayi, Semua Jenis Formula yang Berbeda:

Protein Susu Sapi (dimurnikan dari susu murni):

Formula ini mengandung protein susu sapi dalam bentuk lengkapnya. Mereka biasanya formula pertama yang dicoba. Mayoritas bayi akan tumbuh dengan baik pada formula jenis ini. Contoh: Organik Terbaik Bumi, Bayi Baru Lahir Enfamil, Similac Advance, Similac Non-GMO

Partially Hydrolyzed Protein:

Formula-formula ini mengandung protein yang sebagian diuraikan tetapi masih bisa mengandung protein susu yang lebih besar. Mereka dipasarkan karena lebih mudah dicerna. Contoh: Enfamil Reguline, Gerber Good Start, Similac Sensitive

Protein Terhidrolisis Secara Luas:

Formula ini mengandung protein yang semuanya dipecah menjadi potongan protein kecil. Mereka biasanya diberi makan untuk bayi dengan alergi protein susu sapi atau proctocolitis yang diinduksi protein susu. Mereka juga bebas laktosa. Contoh: Enfamil Nutramigen,Gerber Extensive HA, Similac Alimentum

Asam Amino:

Formula ini mengandung protein yang dipecah menjadi unit protein terkecil, yang dikenal sebagai asam amino. Mereka dapat ditawarkan kepada bayi dengan alergi protein susu sapi atau proctocolitis yang diinduksi protein susu. Mereka juga bebas laktosa. Contoh:Alfamino, Elecare, Neocate, Puramino

Kedelai:

Formula ini mengandung protein kedelai, tetapi tidak seperti formula protein susu sapi, formula ini bebas laktosa. Mereka berguna untuk beberapa gangguan metabolisme yang langka(seperti galaktosemia) dan sementara waktu setelah penyakit diare, jika direkomendasikan oleh dokter. Contoh: Enfamil Isomil, Gerber Good Start Soy,Similac Isomil

Rendah Laktosa atau Bebas Laktosa:

Intoleransi laktosa pada bayi jarang terjadi. Beberapa bayi mungkin mengalami intoleransi laktosa sementara setelah penyakit diare. Namun, sebagian besar anak-anak tidak perlu mengganti formula setelah menderita diare. Contoh: Similac Sensitive (hampir bebaslaktosa), Enfamil Gentlease (laktosa rendah)

Tentang Penulis:

Dina bekerja sebagai dokter anak bersertifikat di Pediatric Associates of NYC dan di NYU Langone Medical Center.Dia telah menerima banyak penghargaan penelitian, bersama dengan penghargaan Patient’s Choice, pengakuan dokter yang penuh kasih dan ditampilkan dalam NewYork Times Magazine sebagai Super Doctors dan New York Rising Star. Diaberdedikasi untuk mendidik orang tua tentang nutrisi bayi dan balita dan memberikan ceramah kepada kelompok orang tua di seluruh New York.

Anthony adalah dokter spesialisanak bersertifikat dan ahli gastroenterologi anak bersertifikat. Dia adalah Associate Professor Pediatrics dan Associate Clinical Chief of PediatricGastroenterology di Yale University. Dia telah memenangkan banyak penghargaantermasuk Norman J. Siegel Award di Yale University untuk kepemimpinan dan memberikan perawatan klinis yang luar biasa serta Physician of the Year selama waktunya di Rumah Sakit Morgan Stanley Children. Dia telah dinobatkan sebagai Castle Connolly Top Doctors sejak 2012. Anthony tertarik pada nutrisi, terutama dalam perawatan anak-anak dengan kesulitan menambah berat badan, masalah makan,dan penyakit celiac. Dia suka mengajar dan mendidik orang tua dan memberikan ceramah kepada orang tua di seluruh New York dan Connecticut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *