Mari Ketahui Gejala dan Penyebab Serta Jenis Kanker Tenggorokan

tanda dan gejala serta jenis kanker tenggorokan

Kanker yang berkembang pada daerah tenggorokan ( faring), kotak suara (laring) atau amandel merupakan kanker tenggorokan. Tenggorokan kita adalah tabung berotot di mulai dari belakang hidung sampai leher kita. Kanker tenggorokan pada awalnya biasanya terdapat pada sel-sel datar yang melapisi bagian dalam tenggorokan.  Kotak suara yang terletak tepat dibawah tenggorokan rentan terkena kanker. Kotak suara yang didalamnya berisi pita suara berfungsi untuk membuat suara ketika kita berbicara.  Kanker tenggorokan bisa mempengaruhi bagian tulang rawan (epiglotis). Fungsi dari epiglotis yaitu untuk penutup batang tengggorokan. Selain itu, kanker amandel merupakan bentuk lainya dari kanker tenggorokan. Kanker amandel mempengaruhi amandel yang letaknya berada di belakang tenggorokan.

Tanda dan Gejala Kanker Tengggorokan:

  • Batuk
  • Berubahnya suara, seperti tidak bisa berbicara dengan jelas dan suara serak
  • Kendala kesulitan menelan
  • Area telinga sakit
  • Sakit yang tidak sembuh dan terdapat benjolan pada tenggorokan
  • Mengalami sakit tenggorokan
  • Penurunan Berat Badan

Ketika kamu melihat tanda dan gejala yang mirip seperti di atas sebaiknya segera hubungi dokter atau cek up ke rumah sakit terdekat.  Mungkin dokter akan menyelidiki penyebab lain penyakit kamu secara umum. Hal ini karena sebagian besar gejala kanker tenggorokan tidak terlalu spesifik untuk kanker.

Penyebab Kanker Tenggorokan

Kanker ini terjadi saat sel-sel pada tenggorokan mengembangkan mustasi genetik. Mutasi genetik pada tenggorokan menyebabkan sel-sel tumbuh tidak terkendali. Sel yang tumbuh tidak terkendali ini terus tumbuh menyebabkan sel-sel sehat mati. Sel ini dapat membentuk tumor/ kanker hingga saat ini belum bisa dijelaskan apa penyebab mutasi yang berakibat pada kanker. Namun dokter bisa mengidentifikasi faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker tenggorokan. Simak di bawah ini untuk informasinya.

Faktor yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Tenggorokan:

gejala kanker tenggorokan

foto bagian dari tenggorokan

  • Mereka yang aktif merokok atau mereka yang sering mengunyak tembakau
  • Gemar minum alkohol yang berlebih
  • Penderita virus HPV yaitu virus yang ditularkan akibat hubungan sexsual beresiko.
  • Diet ketat dan kurang mengkonsumsi buah serta sayuran
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD).

 

 

Jenis-Jenis dari Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan kanker yang berkembag di tenggorokan ( kanker faring) atau pada kotak suara (kanker laring).  Tenggorokan dan kotak suara saling terhubung sangat erat. Letak kotak suara tepat berada di bawah tenggorokan. Walaupun sebagian besar kanker tenggorokan memiliki jenis sel yang sama. Tetapi jenis kanker tenggorokan dapat dibedakan dari bagian tenggorokan tempat kanker berasal.

  1. Bagian tenggorokan yang tepat berada di belakang hidung (disebut kanker nasofaring dimulai dari nasofaring).
  2. Apabila kanker dimulai dari oropharynx sampai bagian tenggorokan. Yaitu tepat berada di belakang mulut termasuk amandel diebut kanker Orofaringeal.
  3. Hipofaring Cancer (kanker hipofaring) dimulai di hipofaring (laringofaring). Berada pada bagian bawah tenggorokan. Lebih tepatnya di atas esofagus dan tenggorokan.
  4. Jenis kanker glotis mulai dari pita suara.
  5. Kanker Supraglottic termasuk kanker yang mempengaruhi epiglotis dimulai dari bagian atas laring. Jenis kanker ini dapat menghalangi jalanya makanan masuk ke batang tenggorokan.
  6. Jika kanker tenggorokan mulai dari bagian bawah kotak suara lalu sampai di bawah pita suara disebut kanker subglotis.
jenis kanker tenggorokan

foto tenggorokan serta bagian yang rentan terhadap kanker tenggorokan

Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

Tidak ada cara yang terbukti efektif dalam mencegah kanker tenggorokan. Akan tetapi kita bisa mengurangi risiko terkena kanker dengan cara sebagai berikut:

  • Jika anda merokok, sebaiknya mulai lah berhenti merokok. Bagi anda yang tidak merokok sebaiknya jangan mencoba untuk merokok. Bagi perokok aktif berhenti merokok sangatlah sulit. Tapi saat ini ada pil mirip permen untuk membantu kita berhenti merekok. Sebaiknya konsultasikan pada dokter anda untuk membantu berhenti merokok dengan jalan konseling, terapi atau bisa dengan produk pengganti nikotin.
  • Jangan minum alkohol secara berlebihan atau lebih bagus tidak minum sama sekali. Tetapi jika anda memilih untuk minum alkohol, lakukanlah dengan moderasi. Bagi orang dewasa yang sehat cukup 1 gelas sehari. Bagi wanita dari segala usia dan pria yang telah berusia lebih dari 65 tahun juga cukup 1 gelas sehari.
  • Menjaga pola makan penuhi kebutuhan harian sayuran dan buah. Antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah dapat menankal radikal bebas penyebab kanker. Konsumsi buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker tenggorokan. Makanlah berbagai macam sayuran dan buah secara rutin.
  • Menjaga pola hidup sehat dengan melindungi diri anda dari HPV. Penyakit dari virus HPV dapat menginfeksi tenggorokan anda sehingga menimbulkan kanker tenggorokan. Berhentilah gonta-ganti pasangan. Berhubungan dengan pasangan yang sah jika perlu gunakanlah kondom setiap kali anda berhubungan badan. Vaksin HPV tepat untuk mengurangi resiko terkena virus HPV. Vaksin HPV sekarang tersedia untuk anak perempuan dan anak laki laki, jadi penularan virus HPV bisa dicegah sejak dini.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk cegah kanker sejak dini ^^.  Jangan lupa Like dan Share ya ^^. Have a nice day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *