Menghitung Umur Kehamilan Sejak Hari Pertama Secara Tepat Dengan Kalkulator Kehamilan

menghitung umur kehamilan setelah menstruasi

Usia kehamilan, atau usia bayi, dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir ibu. Karena tanggal pasti dari konsepsi hampir tidak pernah diketahui, hari pertama dari periode menstruasi terakhir digunakan untuk menghitung umur kehamilan hal ini untuk mengukur berapa usia bayi.

Kalkulator kehamilan

Gunakan Kalkulator Kehamilan untuk menghitung umur kehamilan Anda secara tepat dan akurat. Hal ini untuk mengetahui sejak kapan anda hamil dan mulai dari tanggal berapa.

Berikut List rekomendasi untuk kalkulator kehamilan:

kalkultor kehamilan untuk menghitung umur kehamilan-min

cara cepat menghitung umur kehamilan

  1.  Friso Kalkulator kehamilan Friso (download di appstore)
  2.  Kalkulator kehamilan pro Kalkulator Kehamilan Pro ( download di app store)
  3. LuvizheaKalkulator Kehamilan Luvizhea ( download di app store)
  4. Hawa Hawa Teman Terbaikmu Kalkulator Kehamilan

Anda bisa mencoba menggunakan kalkulator kehamilan di atas. Aplikasi di atas bukan hanya untuk mengecek terjadinya awal kehamilan saja. Aplikasi ini dapat mengontrol KB alami anda dengan memberitahu kapan masa subur dan tidak subur. Selain itu  saat anda menstruasi juga dapat diketahui.

 

 

Menghitung Umur Kehamilan

Periode Menstruasi Terakhir

Jika ibu memiliki periode yang teratur dan tahu hari pertama dari periode menstruasi terakhirnya, usia kehamilan dapat dihitung dari tanggal ini. Usia kehamilan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir ibu dan bukan dari tanggal kehamilan.

USG

Bayi dapat diukur paling cepat 5 atau 6 minggu setelah periode menstruasi terakhir ibu. Mengukur bayi menggunakan ultrasound paling akurat pada awal kehamilan. Ini menjadi kurang akurat di masa kehamilan. Waktu terbaik untuk memperkirakan usia kehamilan menggunakan ultrasound adalah antara 8 dan 18 minggu kehamilan. Cara paling akurat untuk menentukan usia kehamilan adalah menggunakan hari pertama dari periode menstruasi terakhir wanita dan mengonfirmasi usia kehamilan ini dengan pengukuran dari pemeriksaan ultrasound.

Menghitung Tanggal Konsepsi

Dalam Kehamilan Khas

Untuk wanita dengan periode reguler, konsepsi biasanya terjadi sekitar 11-21 hari setelah hari pertama dari periode terakhir. Sebagian besar wanita tidak tahu tanggal pasti pembuahan karena dapat menantang untuk mengetahui kapan tepatnya ovulasi terjadi. Jadi, tanggal konsepsi mereka hanyalah perkiraan berdasarkan pada hari pertama dari periode terakhir mereka.

Kasus Khusus

Wanita yang menjalani prosedur khusus, seperti inseminasi buatan atau fertilisasi in vitro, biasanya mengetahui tanggal pasti pembuahan.

Menghitung Tanggal Jatuh Tempo:

Perkiraan Tanggal Jatuh Tempo

 

Berdasarkan periode menstruasi terakhir, perkiraan tanggal jatuh tempo adalah 40 minggu dari hari pertama periode tersebut. Ini hanya perkiraan karena hanya sekitar 5% bayi yang lahir pada perkiraan tanggal jatuh tempo mereka.

 

Kesulitan Dalam Menentukan Umur Kehamilan

Periode Menstruasi Terakhir

Bagi wanita yang memiliki periode menstruasi yang tidak teratur atau wanita yang tidak dapat mengingat hari pertama menstruasi terakhir mereka. Mungkin sulit untuk menentukan usia kehamilan menggunakan metode ini. Dalam kasus ini, pemeriksaan ultrasound sering diperlukan untuk menentukan usia kehamilan.

Pertumbuhan Bayi

Dalam beberapa kasus, sulit untuk menentukan usia kehamilan karena bayinya luar biasa besar atau kecil. Juga, dalam beberapa kasus ukuran rahim pada awal kehamilan atau tinggi rahim pada kehamilan selanjutnya tidak sesuai dengan hari pertama dari periode menstruasi terakhir. Dalam kasus ini juga, sulit untuk mendapatkan usia kehamilan yang akurat.

 

Jangan Lupa Like & Share ya …. Thanks a lots^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *