Nutrisi, Suplemen dan Vitamin Bagi ibu Hamil, Sebelum dan selama Kehamilan

vitamin bagi ibu hamil

Makan makanan yang sehat dan bervariasi dalam kehamilan akan membantu Anda mendapatkan sebagian besar vitamin dan mineral yang Anda butuhkan. Jadi vitamin bagi ibu hamil selama kehamilan itu penting, selain itu ketika Anda hamil Anda perlu mengonsumsi suplemen asam folat.

Disarankan agar Anda mengambil Asam Folat yang:

400 Mikrogram Asam Folat Setiap Hari

Anda harus meminumnya sebelum Anda hamil sampai Anda 12 minggu hamil. Departemen Kesehatan juga menyarankan Anda  untuk mempertimbangkan mengonsumsi suplemen vitamin D. Jangan mengonsumsi suplemen vitamin A, atau suplemen apa pun yang mengandung vitamin A (retinol),karena terlalu banyak dapat membahayakan bayi Anda. Selalu periksa labelnya.

Dimana untuk Mendapatkan Suplemen Kehamilan

Anda bisa mendapatkan suplemen dari apotek dan supermarket, atau dokter umum mungkin dapat meresepkannya untukAnda. Jika Anda ingin mendapatkan asam folat dari tablet multivitamin, pastikan bahwa tablet tidak mengandung vitamin A (atau retinol).

Asam Folat Sebelum dan Selama Kehamilan

asam folat
asam folat untuk ibu hamil

Anda harus mengambil tablet asam folat 400 mikrogram setiap hari saat Anda mencoba untuk hamil dan sampai Anda12 minggu hamil. Asam folat penting untuk kehamilan, karena dapat membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf, termasuk spinabifida. Jika Anda tidak mengonsumsi asam folat sebelum Anda hamil, Anda harus mulai segera setelah mengetahui bahwa Anda hamil.

Anda perlu  juga makan makanan yang mengandung asamfolat, contohnya seperti sayuran yang berdaun hijau. Beberapa sereal sarapan dan beberapa gumpalan lemak seperti margarin mungkin mengandung asam folat yang ditambahkan pada mereka. Sulit untuk mendapatkan jumlah folat yang direkomendasikan untuk kehamilan dari makanan saja, itulah sebabnya mengapa penting untuk mengambil suplemen asam folat.

Asam Folat Dosis Tinggi

Beberapa wanita memiliki peningkatan risiko mengalami kehamilan yang dipengaruhi oleh cacat tabung saraf, dan disarankan untuk mengambil dosis lebih tinggi dari 5 miligram (mg) asam folat setiap hari sampai mereka 12 minggu hamil. Wanita memiliki risiko yang meningkat jika:

  1. Pasangan mereka atau mereka yang memiliki cacat tabung saraf.
  2.  Mereka memiliki kehamilan sebelumnya yang terkena cacat tabung saraf.
  3. Orang yang memiliki riwayat keluarga defek tuba neural
  4. Penderita diabetes

Selain itu, wanita yang mengonsumsi obat anti-epilepsi harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk meminta nasihat, karena mereka mungkin juga perlu mengambil dosis asam folat yang lebih tinggi. Cari tahu tentang epilepsi, obat anti-epilepsi dan kehamilan. Jika salah satu dari hal di atas berlaku untuk Anda, bicarakan dengan dokter Anda karena mereka dapat meresepkan asam folat dosis tinggi. Dokter umum atau bidan Anda juga dapat merekomendasikan tes skrining tambahan selama kehamilan Anda.

Vitamin D Dalam Kehamilan

Vitamin D
Vitamin D untuk ibu hamil

Semua orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui, membutuhkan 10 mikrogram vitamin D sehari, dan harus mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung jumlah ini.  Vitamin D mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang dibutuhkan untuk menjaga tulang, gigi dan otot tetap sehat.

Tubuh kita membuat vitamin D ketika kulit kita terkena sinar matahari musim panas (dari akhir Maret / awalApril hingga akhir September). Tidak diketahui secara pasti berapa banyak waktu yang dibutuhkan di matahari untuk membuat cukup vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tetapi jika Anda berada di luar matahari berhati-hati untuk menutupi atau melindungi kulit Anda dengan tabir surya sebelum Anda mulai berubah menjadi merah atau terbakar. .

Vitamin D Dalam Beberapa Makanan, Termasuk:

  1. Ikan berminyak (sepertisalmon, mackerel, herring, dan sarden). 2. Telur. 3. Daging merah

Vitamin D ditambahkan ke semua susu formula bayi, serta beberapa sereal sarapan, lemak dan alternatif susu non-susu. Jumlah yang ditambahkan ke produk ini dapat bervariasi dan mungkin hanya kecil.

Karena vitamin D hanya ditemukan dalam sejumlah kecil makanan, baik secara alami atau ditambahkan, mungkin sulit untuk mendapatkan cukup dari makanan saja. Jadi semua orang di atas usia lima tahun, termasuk wanita hamil dan menyusui, harus mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen harian yang mengandung 10mcg vitamin D.

Kebanyakan orang yang berusia lima tahun ke atas di Inggris mungkin akan mendapat cukup vitamin D dari sinar matahari di musim panas, sehingga Anda mungkin memilih untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin D selama bulan-bulan ini. Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin yang mengandung vitamin D gratis jika Anda hamil atau menyusui dan memenuhi syarat untuk skema Mulai Sehat.

Jika Anda Memiliki Kulit Gelap atau Selalu Menutupi Kulit Anda

Jika Anda memiliki kulit gelap (misalnya, jika Anda berasal dari Afrika, Karibia Afrika atau asal Asia selatan) atau selalu menutupi kulit Anda ketika berada di luar, Anda mungkin berisiko tidak memiliki cukup vitamin D (kekurangan vitamin D). Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian. Bicaralah dengan bidan atau dokter Anda jika ini berlaku untuk Anda.

Zat Besi Dalam Kehamilan

Zat Besi
Zat Besi untuk ibu hamil

Jika Anda kekurangan zat besi, Anda mungkin akan sangat lelah dan mungkin menderita anemia.

Daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, buah kering, dan kacang mengandung zat besi. Saat anda ingin makan kacang atau jenis makanan yang mengandung kacang (seperti selai kacang) selama kehamilan, Anda dapat memakannya sebagai bagian dari diet sehat yang seimbang. Kecuali jika anda alergi terhadap kacang, atau ahli kesehatan Anda menyarankan Anda agar tidak memakannya. Banyak sereal sarapan ditambahkan zat besi. Jika kadar zat besi dalam darah Anda menjadi rendah, dokter umum atau bidan Anda akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi.

Vitamin C Dalam Kehamilan

vitamin c untuk ibu hamil
vitamin c untuk ibu hamil

Melindungi sel dan membantu menjaga mereka tetap sehat merupakan manfaat dari vitamin c. Vitamin C ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, dan diet seimbang dapat menyediakan semua vitamin C yang Anda butuhkan. Sumber yang bagus termasuk:

1. Jeruk dan jus jeruk. 2. Paprikamerah dan hijau. 3. Strowberi. 4. Blackcurrant. 5. Brokoli. 6. BrusselsSprouts. 7. Kentang

Calsium dalam Kehamilan

kalsium untuk ibu hamil
kalsium untuk ibu hamil

Kalsium dibutuhkan untuk membuat tulang dan gigi bayi anda, sehingga anda perlumengkonsumsi kalsium yang meliputi: 

  1.  susu, keju, dan yoghurt.
  2. Sayuran berdaun hijau seperti roket, selada air atau keriting keriting.
  3. Tahu
  4.  Inuman kedelai dengan tambahan kalsium
  5. Roti dan apa pun yang dibuat dengan tepung berbenteng
  6. Ikan tempat Anda makan tulang- seperti ikan sarden dan pilchard

Anda juga perlu tahu makanan mana yang harus dihindari dalam kehamilan. Diet vegetarian, vegan, dan khusus dalam kehamilan. Pola makan vegetarian yang bervariasi dan seimbang harus memberikan nutrisi yang cukup untuk Anda dan bayi Anda selama kehamilan. Namun, Anda mungkin merasa lebih sulit mendapatkan cukup zat besi dan vitamin B12. Bicarakan dengan bidan atau dokter Anda tentang cara memastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi penting ini.

Jika Anda vegan, atau Anda mengikuti diet yang dibatasi karena intoleransi makanan (misalnya, diet bebas gluten untuk penyakit celiac) atau karena alasan agama, bicaralah dengan bidan atau dokter umum Anda. Mintalah untuk dirujuk ke ahli diet untuk meminta nasihat tentang cara memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk Anda dan bayi Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang makan sehat untuk wanita hamil vegetarian dan vegan.

Mulai Sehat Vitamin

Anda mungkin memenuhi syarat untuk skema Mulai Sehat, yang menyediakan kupon untuk wanita hamil dan keluarga yang memenuhi syarat. Voucher dapat digunakan untuk membeli susu dan sayuran segar dan beku di toko-toko lokal. Anda juga bisa mendapatkan kupon yang dapat ditukarkan dengan vitamin gratis secara lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *